Kamis, 01 Maret 2012

Presentasi Ujian Sidang 17 Juni 2011

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Ibu Dra Apriatni Endang Prihartini, MSi selaku dosen pembimbing 1, dan Bpk Dr. Hari Susanta Nugraha selaku dosen pembimbing II, sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena telah membimbing saya dalam proses penyusunan skripsi ini sehingga terselesaikan dengan sangat baik serta yang terhormat Bpk Drs. Nawazirul Lubis, MM selaku dosen wali dan dosen penguji dalam pengujian skripsi ini. Saya ucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan presentasi tentang skripsi yang telah saya buat. Adapun judul skripsi saya adalah “Analisis Pengaruh Lingkungan Industri dan Promosi terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Usaha Kecil Menengah Industri Gerabah Kasongan Kab. Bantul, Yogyakarta)”.
      Usaha kecil menengah indusri gerabah Kasongan yang memiliki permasalahan yang berawal dari penurunan kinerja penjualan pada tahun 2009 sebesar 14,44% atau 1,95 Milyar. Selain itu, menurut penelitian sebelumnya juga menjelaskan bahwa manajemen sebagai salah masalah yang terjadi di industri gerabah Kasongan (Tanbunan et.al dalam Wahyudi (2009)) dan juga temuan dari Bank Indonesia (2007) yang menjelaskan bahwa 85% dari penjualan produk Kasongan merupakan konsumen luar negeri dan 15% adalah penjualan langsung, sehingga jika tidak terdapat pesanan dari luar negeri maka menyebabkan penurunan penjualan produk dan akhirnya menurunkan kinerja perusahaan. Dengan permasalahan tersebut, maka peneliti mengambil judul penelitian mengenai pengaruh dari lingkungan industri dan promosi terhadap kinerja perusahaan.         
      Lingkungan Industri merupakan semua kekuatan yang timbul dari luar batas-batas organisasi dan mempengaruhi keputusan serta tindakan di dalam organisasi yang mengarah kepada keadaan lingkungan yang statis-dinamis, sederhana-rumit, dan ketidakpastian lingkungan. Adapun indikator lingkungan industri meliputi pemasok, pembeli, barang pengganti, pendatang baru, dan pesaing. Pemasok meliputi jumlah pemasok bahan baku, keandalan pemasok dan tingkat kemudahaan mencari pemasok lain. Pembeli meliputi volume pembeli, selera pembeli dan pola pembelian. Barang pengganti meliputi kecenderungan berpindah ke produk pengganti, ragam jenis produk pengganti dan inovasi produk pengganti. Pendatang baru meliputi jumlah pendatang baru, tingkat persaingan dan differensiasi produk pendatang baru. Sedangkan pesaing meliputi jumlah pesaing, kualitas pesaing dan luasnya pangsa pasar.  
Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan memperkenalkan, menginformasikan dan mengajak orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Indikator promosi meliputi ragam promosi, frekuensi promosi dan biaya promosi.
Kinerja Perusahaan merupakan keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang diukur melalui pertumbuhan penjualan, tingkat profitabilitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Adapun indikator kinerja perusahaan meliputi tingkat pertumbuhan penjualan, tingkat  pertumbuhan pangsa pasar, efisiensi waktu dan kualitas produk.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan mengenai pengaruh lingkungan industri dan promosi terhadap kinerja perusahaan. Hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya dan yang akan diuji yaitu Ada pengaruh signifikan antara lingkungan industri  terhadap kinerja perusahaan, Ada pengaruh signifikan antara promosi  terhadap kinerja perusahaan, dan Ada pengaruh signifikan  antara lingkungan industri  dan promosi terhadap kinerja perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah usaha kecil dan menengah Industri Gerabah Kasongan sebanyak 118 usaha. Kemudian dari populasi tersebut diambil responden sebanyak 55 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yaitu pengambilan sampel bila populasi mempunyai anggota/ unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Teknik ini termasuk dalam teknik Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Sehingga di hasilkan untuk industri kecil dengan jumlah sampel 47 pemilik usaha dan sampel 8 pemilik usaha menengah.
Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terbuka. Adapun skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rating Scale/ Skala Sikap dimana untuk jawaban yang sangat mendukung pertanyaan diberi skor yang tinggi, sedangkan untuk jawaban yang tidak atau kurang mendukung pertanyaan diberi skor rendah. Teknik Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisa Kuantitatif yaitu teknik mengintepretasikan data yang dapat diukur atau dihitung dengan menggunakan statistik. Adapun rumus statistik yang digunakan adalah:
1. Analisis Tabel Silang digunakan untuk mengetahui persentase pengaruh hubungan variabel independen (Lingkungan Industri dan Promosi) terhadap variabel dependen (Kinerja Perusahaan).
2. Regresi Linear Sederhana merupakan analisis yang didasarkan pada hubungan fungsional ataupun klausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen
3. Regresi Linear Berganda untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel independen terhadap satu variabel dependen.
4. Koefisien determinasi digunakan untuk mengukur presentase variable dependen (Y) yang dijelaskan oleh variabel independen (X).
5. Koefisien korelasi digunakan untuk mengetahui kuat tidaknya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen
Pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Uji T-test merupakan pengujian secara individual yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah variabel bebas (X) secara individual (parsial) berpengaruh atau tidak terhadap variabel terikat (Y) serta digunakan untuk menguji hipotesis 1 dan 2. Uji F ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen secara keseluruhan terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian secara keseluruhan menyebutkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan industri terhadap kinerja perusahaan, terdapat pengaruh positif dan signfikan antara promosi terhadap kinerja perusahaan, serta terdapat  pengaruh antara lingkungan industri dan promosi terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan hasil penelitian juga menjelaskan bahwa keadaan lingkungan industri kecil dipersepsikan sederhana sedangkan industri menengah dipersepsikan dalam sederhana dan rumit, sedangkan untuk promosi yang dilakukan industri kecil dipersepsikan tidak intensif sedangkan industri menengah dipersepsikan intensif.
Demikian presentasi skripsi saya, apabila ada kesalahan maka saya mengharapkan kritik dan saran dari bapak dan ibu dosen penguji. Apabila ada salah dalam kata dan cara penyampaian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar